Kalsel

Karhutla di Kalsel Kian Parah, BNPB Tambah Helikopter Waterbombing

INILAHKALSEL.COM, BANJARBARU – Hot spot kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan makin bertambah. Pemerintah pusat melalui Kepala BNPB sudah ke Kalsel melihat kondisi karhutla dan memimpin langsung rapat koordinasi untuk penanganannya.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi perhatian serius dari berbagai pihak, khususnya pemerintah pusat.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar menyampaikan, dari kunjungan Kepala BNPB, bantuan helikopter waterbombing ditambah, dan sudah mulai dioperasionalkan.

“Kami kembali menerima kunjungan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong kemarin,” kata Roy di Guntung Damar, Landasan Ulin, Banjarbaru.

Wamen LHK Alue Dohong meminta Pemprov Kalsel dan pemerintah kabupaten/kota untuk melibatkan OPD sebagaimana yang ia perintahkan di Provinsi Kalteng.

Alue Dohong menyebut, karhutla di lahan gambut Kalsel hanya bisa dilakukan dengan pembasahan, tak ada cara lain yang maksimal selain itu.

“Jadi saya baru lewat, sampai gelap jalan. Jadi kita langsung saja bekerja, ini harus segera dilakukan,” katanya.

Alue Dohong mengatakan, dirinya akan berada di Kalsel untuk memastikan sampai penanganan Karhutla berjalan maksimal.

“Prinsipnya Pemadam Karhutla ini harus diselesaikan bersama. Tanggung renteng, Saya harap dalam dua atau tiga hari kedepan, api dapat padam”, katanya.

Wamen, berharap, dengan upaya ini, bisa mengantisipasi dampak yang terjadi, seperti gangguan transportasi udara hingga kesehatan masyarakat.

“Kita kerahkan seluruh kekuatan kita bersama,” ajaknya.

Selanjutnya, Wamen LHK bersama Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Hanif Faisol Nurofik, Danrem 101/Antasari, Sekdaprov Kalsel, Karo Ops Polda Kalsel, Kadis LHK Kalsel, Kadishut Kalsel, meninjau dan memimpin langsung upaya pemadaman karhutla di kawasan ring 1 Bandara Internasional Syamsudin Noor. (aqu)

Editor : Hasby

Back to top button